PatiPati

BUMDes Tlogosari Kelola Wisata Kopi Mendunia

Pati – Meski posisi Desa Gunungsari Kecamatan Tlogowungu berada di pelosok barat ibukota kabupaten Pati, namun ternyata gaungnya sudah mendunia. Itu tidak lain adalah dari hasil usaha dan upaya yang dilakukan Badan Usaha Desa Milik Desa setempat.

“BUMDes Tlogosari awalnya mengelola wisata hutan pinus tanah milik Perhutani. Tapi sekarang mengembangkan usaha kopi. Bisa tembus ke pasar luar negeri, melalui penjualan secara online” kata Warno, Selasa (30/10/2018).

Menurut ketua BUMDes Tlogosari tersebut luasan hutan pinus milik Perhutani, mencapai 100 hektar. Yakni dengan sistim bagi hasil 30% untuk Perhutani dan 70% BUMDes. Namun yang dijadikan kawasan singgah wisata hanya sekitar 5 hektar.

Dengan posisi berada di ketinggian 800 meter Dari Permukaan Laut (DPL) menjadikan desa Gunungsari berhawa dingin. Jika wisatawan sampai di desa ini, langsung ingin minum kopi sebagai penghangat badan. Seperti jenis kopi hitam biasa, kemudian kupi Lanang, kopi Pangonan, serta kopi Gigit.

Selain menikmati pemandangan hutan pinus yang sejuk, wisata desa Gunungsari  juga menawarkan wisata jelajah hutan kopi, kolam renang di Gili Bedah, atau berkemah di bukit Rasamala. Atau naik ke candi Pomahan Ajar untuk melihat aneja jenis arca yang masih berserakan

Show More

Retno Wulandari

administrator di situs jateng.info dan juga sebagai founder Pratama Digital Network

Tinggalkan Balasan

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
%d blogger menyukai ini: