KeduTemanggung

Soal Konsumsi Ikan, Temanggung Masih Jauh Tertinggal

Temanggung – Tingkat konsumsi ikan di Kabupaten Temanggung baru mencapai 18,69 kilogram / kapita / tahun. Angka konsumsi tersebut masih berada di bawah tingkat Provinsi Jawa Tengah yang sebesar 26 kilogram / kapita / tahun dan tingkat nasional 43 kilogram / kapita / tahun.

“Salah satu upaya meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat telah dibentuk forum peningkatan konsumsi ikan (Forikan) yang mempunyai tugas melaksanakan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan konsumsi ikan,” kata Pj Sekda Kabupaten Temanggung Suyono, Rabu (31/10/2018).

Dia berharap Forikan dapat melakukan berbagai terobosan-terobosan dengan kegiatan yang sistemik dan menarik masyarakat sehingga dapat menggugah peningkatan kesehatan dan kecerdasan anak-anak sebagai generasi penerus bangsa.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Temanggung Slamet Saryono mengatakan produksi ikan di Kabupaten Temanggung baru 10 ribu ton per tahun sementara kebutuhan 13 ribu ton per tahun. Selisih itu, dipenuhi dari luar daerah yang diantaranya ikan laut.

“Kami membantu peternak ikan, dengan peralatan seperti alat untuk mengawetkan ikan laut,” katanya.

Disampaikan berbagai upaya ditempuh untuk meningkatkan produksi budidaya ikan tawar di Temanggung, seperti penyediaan benih berkualitas, bantuan pembenihan dan pelatihan budidaya ikan, serta pengolahan pasca panen. “Ikan diolah dalam aneka makanan untuk dikonsumsi warga,” katanya.

Ketua Forikan Kabupaten Temanggung Denty Eka Widi Pratiwi mengatakan rangkaian peringatan hari ikan nasional di Kabupaten Temanggung antara lain gerakan mengkonsumsi ikan yang diikuti 450 anak, workshop peningkatan konsumsi ikan bagi anggota tim penggerak PKK, lomba masak ikan, mendongeng dan lomba mewarnai serta bazar ikan.

Show More

Retno Wulandari

administrator di situs jateng.info dan juga sebagai founder Pratama Digital Network

Tinggalkan Balasan

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
%d blogger menyukai ini: