Internasional

NASA Berhasil Daratkan Pesawatnya di Mars

Sebuah pesawat ruang angkasa yang membawa peralatan senilai jutaan poundsterling telah berhasil mendarat di Planet Mars. Ini termasuk dalam bagian meluncurkan misi dua tahun untuk menggali lebih banyak informasi tentang Planet Merah tersebut.

Pesawat Insight dari NASA mendarat di Planet Merah yang luas dan berdebu di Elysium Planitia pada jam 7.55 malam pada Senin (26/11) malam. Itu merupakan pesawat ruang angkasa pertama yang melakukannya selama enam tahun terakhir.

Deselerasi cepat tujuh menit melalui atmosfer Mars yang tipis melibatkan penggunaan roket kecil, parasut, perisai panas, dan kaki yang menyerap kejut.

Sejumlah insinyur NASA, manajer proyek, dan peneliti berkumpul di Institut Teknologi California untuk menonton saat pendaratan pesawat itu dilakukan. Ketika debu berhenti dua atau tiga menit kemudian, Pesawat Insight menyampaikan gambar pertama yang diambil dari salah satu dari dua kameranya.

Kamera Insight menggambarkan pendaratan ini sempurna dan tanpa cela. Itu karena mereka membentangkan panel surya dalam beberapa jam setelah pendaratan.

Selama tiga bulan ke depan, Insight akan menyelidiki di bawah permukaan Mars sebelum mulai mengumpulkan informasi tentang struktur planet yang dalam.

Tiga dari instrumen tersebut dirancang dan dibangun oleh para insinyur di Imperial College dan Oxford University. Mereka akan meneliti Marsquakes yang dapat mengisyaratkan kemungkinan kehidupan sebelumnya di planet ini.

Sisa-sisa inti cair dapat menunjukkan bahwa Mars pernah memiliki medan magnet, yang akan melindunginya dari angin matahari yang berbahaya miliaran tahun yang lalu pada saat planet itu lebih hangat dan lebih basah dan mungkin mampu menyimpan kehidupan awal.

Tim Inggris, yang dipimpin oleh Profesor Tom Pike di Imperial, mengatakan, “Kami harus mendengarkan Marsquakes setidaknya selama dua tahun, dan kami berharap jauh lebih lama.”

“Sangat penting bahwa kami meletakkan instrumen di tempat terbaik untuk memastikan kami stabil, dan kemudian menindaklanjuti dengan menambahkan penutup untuk melindungi sensor kami dari angin.”

Hanya sekitar empat dari 10 misi yang pernah dikirim ke Planet Merah dan telah berhasil dan mereka semua adalah pesawat luar angkasa AS. Pesawat ruang angkasa Eropa Schiaparelli menghantam planet ini pada 2016 setelah mematikan roket retro terlalu dini.

Show More

Retno Wulandari

administrator di situs jateng.info dan juga sebagai founder Pratama Digital Network

Tinggalkan Balasan

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
%d blogger menyukai ini: