BanyumasCilacap

Banjir Rendam Empat Desa di Cilacap

CILACAP, – Hujan lebat yang mengguyur wilayah barat Cilacap, sejak Selasa sore hingga Rabu pagi, menyebabkan aliran Sungai Ciberem dan anak sungainya meluap dan mengenangi empat desa di Kecamatan Sidareja, Cilacap. Dengan tinggi genangan mencapai satu meter.

Keempat desa itu terdiri Desa Sidareja, dengan 14 RT pada 5 RW yang tergenangi banjir. “Kemudian Desa Gunungreja  dua RW dengan 5 RT tergenang, Desa Tegalsari satu RW 1 dengan dua RT, dan Desa Sidamulya satu RW dengan dua RT,” ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap, Tri Komara Sidhy, Rabu (05/12/2018).

Menurutnya,  bahkan jalan provinsi di Sidareja yang menghubungkan Cilacap perbatasan Jawa Tengah dengan Jawa Barat tergenang sepanjang  800 meter, sehingga hanya bisa dilalui kendaraan besar sejenis truk dan bus.

“Akibat banjir itu, puluhan kepala keluarga atau KK harus mengungsi je tempat yang lebih tinggi,” lanjutnya. Diantaranya, mengungsi di Aula koramil 11/ Sidareja sebanyak 9 KK  37 jiwa.

Dikatakan, BPBD Cilacap telah mengedrop bantuan bahan makanan untuk warga korban banjir dan mendirikan dapur umum di lokasi banjir.

“Kami juga sudah mengimbau warga di daerah rawan bencana alam untuk bersiaga, terutama jika daerahnya diguyur hujan lebat,” tambahnya.

Pengamat Cuaca Stasiun Meteorologi Cilacap Teguh Wardoyo mengatakan pada Selasa sore hingga Rabu pagi, curah hujan di daerah Majenang sebesar 41 mm, Kota Cilacap 27 mm, dan  Kecamatan Sumbang, Banyumas mencapai 124 mm.

Show More

Retno Wulandari

administrator di situs jateng.info dan juga sebagai founder Pratama Digital Network

Tinggalkan Balasan

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
%d blogger menyukai ini: